top of page
Search
  • Writer's pictureBeasiswa Belajar Sempurna

Financial Planning and Investment

By Septiana


Do you know Sandwich Generation means?

Sandwich Generation adalah suatu istilah yang merujuk kepada individual di usia produktif yang seolah mengalami ‘tekanan’ untuk mendukung orangtuanya sekaligus anaknya secara finansial.


Do you think that you are ‘a sandwich generation’? If yes, then what to do? If no, how not to be them?

Buat kamu yang ada di posisi itu jangan sedih dulu, ya! Cobalah lihat bahwa posisi tersebut bisa memberikan kita peluang yang lebih besar untuk memperoleh keberkahan. Namun, kita juga harus sadar bahwa kita harus berusaha untuk memperoleh kebebasan finansial di saat kita tua dan memberikan peluang kebebasan finansial juga kepada anak kita nanti, sehingga mereka tidak perlu jadi sandwich generation selanjutnya.


Untuk memperoleh kebebasan finansial, mulailah belajar bagaimana cara melakukan perencanaan keuangan. Ada banyak sekali metode yang bisa dipakai, salah satunya adalah The Balanced Money Formula. Chart dibawah ini menunjukkan budgeting plan ala The Balanced Money Formula:


Metode ini sangat cocok bagi kamu yang mager untuk melakukan budgeting dari setiap kategori, namun kamu perlu hati – hati karena overspending sering kali terjadi. Ada banyak metode lainnya yang bisa kamu pelajari. Namun, hal penting yang perlu diingat adalah, budgeting plan ini bisa selalu disesuaikan dengan keadaan kamu ya, be creative!


Ok, now I have the budgeting plan, but where should I invest my money?

Buat kamu yang masih baru dengan istilah investasi, Reksadana bisa menjadi salah satu instrumen pilihan kamu.


What is Mutual Fund (Reksadana)?

Sederhananya, kamu dan teman – teman yang lain (investor) patungan untuk memakan sebuah pizza. Lalu kalian datang ke sebuah restoran (Manajer Investasi) yang menjual pizza (Reksadana). Di sana, tentu terdapat koki (Fund Manager) yang sebelumnya sudah meracik pizza dengan membeli bahan – bahan (Isi Portofolio Reksadana) yang paling tepat sehingga rasa pizza akan enak (Reksadana tersebut menghasilkan keuntungan).


How many types of them?

Ada lima jenis reksadana yang sering dijual di Indonesia. Nama dari jenis reksadana ini dibedakan sesuai dengan isi reksadana tersebut.

  1. Reksa dana pasar uang : berisikan obligasi atau deposito yang memiliki jatuh tempo kurang dari satu tahun

  2. Reksa dana pendapatan tetap: berisikan obligasi yang tidak dibatasi jatuh temponya.

  3. Reksa dana saham: berisikan saham

  4. Reksa dana campuran: berisikan obligasi dan saham

  5. Reksa dana terproteksi: Reksadana yang akan memproteksi 100% pokok investasi investor pada saat jatuh tempo


Sebagai catatan, penempatan deposito selalu bisa menjadi salah satu opsi bagi Fund Manager dalam mengelola reksadana, sehingga jangan bingung apabila kalian mendapati ada Reksadana Saham yang juga ditempatkan di deposito. Walaupun begitu, Fund Manager dari suatu Reksadana saham tidak dapat seenaknya menempatkan 90% dari dana kelolaan di deposito, ada peraturan yang harus diikuti. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa membaca prospektus dan Fund Fact Sheet dari setiap reksadana, sebelum kalian membelinya ya!


Let’s Start to Invest!



30 views0 comments

Recent Posts

See All

Comentarios


bottom of page