top of page
Search
  • Writer's pictureBeasiswa Belajar Sempurna

Cryptocurrency 101

Updated: Oct 31, 2021

Article by Mentoring Team; Slide by Feranda


Antusiasme masyarakat untuk mengoleksi uang kripto semula sangat kecil, namun sekarang cukup tinggi karena banyaknya permintaan dalam berinvestasi dari aset kripto ini. Meski begitu, cryptocurrency tak luput dari pro dan kontra. Apa itu Cryptocurrency? Cryptocurrency secara general merupakan suatu inovasi alat tukar yang fungsinya diharapkan dapat menggantikan sistem fiat. Di Indonesia sendiri cryptocurrency merupakan salah satu instrumen investasi yang digolongkan kedalam kategori komoditas sehingga masih belum bisa digunakan sebagai alat tukar.


Beberapa contoh cryptocurrency yang terkenal dan cenderung terus memiliki peningkatan valuasi dalam beberapa tahun terakhir adalah bitcoin, ethereum, litecoin, dan cardano. Cryptocurrency sendiri dinilai memiliki value yang tinggi dikarenakan tiga faktor utama yaitu kelangkaan, keamanan, serta kegunaan (utility) yang baik.


Teknologi keamanan Cryptocurrency sendiri didukung oleh teknologi blockchain yang sistem kerjanya mampu mendukung penyimpanan data yang bersifat desentralisasi.Hal ini menjadi salah satu kunci kehadiran cryptocurrency untuk mengatasi masalah ketidakpercayaan masyarakat dengan sistem keuangan yang dikuasai bank sentral. Beberapa pertanyaan yang kerap muncul di masyarakat adalah bagaimana sistem bank sentral memproduksi jumlah uang kertas serta kecurigaan terhadap manipulasi yang berisiko dimanipulasi oleh bank sentral.


Keunggulan blockchain antara lain yang pertama pencatatan dan penyimpanan yang terdistribusi sehingga informasi yang diterima setiap individu pemilik cryptocurrency sama dan transparan. Yang kedua adalah sinkronisasi yang memungkinkan pembaharuan data berkala secara cepat sehingga informasi yang diterima tidak dapat dimanipulasi. Terakhir blockchain juga memiliki sistem keterikatan kode yang membentuk rantai bersusun sehingga menyulitkan hacker untuk meretas dan memanipulasi data yang ada.


Dalam penyusunan rantai tersebut maka dibutuhkan subjek yang dapat memecahkan puzzle rantai tersebut. Subjek yang dapat menyambung rantai blockchain tersebut maka akan diberikan imbalan jasa bitcoin sesuai rate masing - masing cryptocurrency. Aktivitas ini yang kemudian disebut sebagai aktivitas penambangan bitcoin.

Now that you know how cryptocurrency works, will you invest in one?




9 views0 comments

Recent Posts

See All

Commentaires


bottom of page